Proposal Kontrak Perawatan Komputer

PROPOSAL
Layan Jasa & Kontrak Perawatan Komputer (OUTSOURCING)

U
N
T
U
K

Calon Pelanggan
Dotcomputer
di
Seluruh Indonesia


DOT COMPUTER & COMMUNIACATION
Pulo Gebang Permai Blk C8/6
Jakarta 13950
                               

                             Layan Jasa & Kontrak Perawatan
(Outsourcing)

I. Latar Belakang

Penerapan teknologi informasi (information technology) atau TI pada saat ini telah memasuki semua bidang dari small business sampai business enterprise. Sehingga kita mengenalnya dengan istilah komputerisasi (computerized) baik terintegrasi maupun terdistribusi.

Saat ini perangkat TI seperti komputer dan aksesorisnya sudah menjadi tulang punggung / backbone kegiatan bisnis. Pada saat yang sama berkembang pula teknologi jaringan komputer berbasis client-server dan internet. Kemudian muncullah fasilitas VoIP, Video Conference over IP dan sebagainya. 

Dengan percepatan perkembangan teknologi informasi seperti akses informasi tanpa batas, setiap saat kita dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan. Melalui internet, kita dapat mengikuti perkembangan informasi mutakhir, bertukar informasi dan mengirim laporan harian atau bulanan. Hadirnya teknologi GSM (2G) kemudian 3G menambah fitur dan keuntungan. Seperti melalui mobile phone dapat menulis dan membaca email serta upload dan download file.

Dari sisi lain penerapan teknologi informasi membutuhkan investasi yang sangat besar. Anggaran pada sektor ini pada setiap bidang business relatif berbeda dan sama-sama mempunyai kecendrungan peningkatan setiap tahunnya. Tetapi ada beberapa cara untuk menurunkan biaya tersebut. Salah satunya adalah melakukan pemeliharaan dan perawatan  intensif dan menyeluruh pada peralatan yang sudah ada secara rutin atau periodik. Istilah ini selanjutnya disebut Service (Layan Jasa) & Maintenance Contract (Kontrak Perawatan) atau lebih popular disebut Outsourcing.

Outsourcing is the contracting out of functions, tasks, or services by an organization for the purpose of reducing its process burden, acquiring a specialized technical expertise, or achieving expense reduction or the transfer to a third party of the continuous management responsibility for the provision of a service governed by a service level management. Outsourcing merupakan prioritas layan jasa Dot Computer & Communication yang sudah mempunyai pengalaman selama 12 tahun sejak tahun 1995. Ada beberapa keuntungan dalam mengikuti solusi layan jasa & kontrak perawatan (outsourcing) ini sebagai berikut :

1.      Meningkatkan fokus perusahaan.
2.      Memanfaatkan kemampuan maksimal mencapai tujuan perusahaan.
3.      Percepatan layanan perusahaan ke pelanggan.
4.      Membagi resiko.
5.      Sumber daya sendiri dapat digunakan  untuk kebutuhan-kebutuhan lain.
6.      Mengurangi dan mengendalikan biaya operasi.
7.      Memperoleh sumber daya yang tidak dimiliki sendiri.
8.      Memecahkan masalah yang sulit dikendalikan atau dikelola.
Secara umum outsourcing terdiri dari :

1.      Periodic Service  & Maintenance (Layan Jasa & Perawatan Berkala)
2.       IT Outsourcing
3.      Realtime Service (Layan Jasa Seketika)

II. Periodic Service & Maintenance.
2.1 Outsourcing tipe ini meliputi 5(lima) main activity :

1.      User
2.      Komputer
3.      Notebook
4.      Printer
5.      Jaringan Data (LAN & WAN).

 2.2 Outsourcing Target
    
Ø  User
a)      Proaktif memberikan informasi pengoperasian komputer , notebook & printer secara benar.
b)      Memberitahu  user untuk membackup & menyimpan data secara benar (Backup & Recovery).
c)      Memberitahu user secara periodik untuk mencegah  virus masuk ke komputer dan notebook (Preventive Action).
d)     Memberi saran dan informasi serta konsultasi.

Ø  Komputer, Notebook, Printer & Jaringan Komputer (LAN & WAN)
a)      Pengecekan komputer, notebook dan printer secara menyeluruh.
b)      Pengecekan server secara menyeluruh dan periodic.
c)      Pengecekan program aplikasi khusus dan umum.
d)     Pengecekan program utility & masa aktif  program antivirus.
e)      Pengecekan infrastruktur jaringan LAN (kabel, terminal, switch), kelistrikan, backup daya (UPS) dan penangkal petir (optional).
f)       Backup data server secara periodic
g)      Bertindak sebagai administrator jaringan komputer

2.3 Outsourcing Schedule

Jadwal outsourcing dilakukan minimal 6 (enam) sampai  8 (delapan) kali dalam 1 (satu) bulan dan dilakukan rutin . Hari sesuai kesepakatan bersama (Senin – Jumat atau working hours). Jadwal hari Sabtu, Minggu & libur nasional dikenai biaya transport dan akomodasi teknisi. Belum termasuk emergency call!

2.4 Outsourcing Condition untuk komputer, notebook, printer & LAN
1.      Jumlah  komputer, notebook dan printer dalam kontrak minimal 10 (sepuluh) unit computer, 5 (lima) notebook dan 3 (tiga) unit printer.

2.      Perinciannya 1(satu) unit komputer terdiri dari CPU, Monitor, Keyboard, Mouse, Stabilizer dan UPS sedangkan diluar itu dianggap 1 (satu) unit. Printer dianggap 1(satu) unit.

3.      Masa Outsourcing minimal 6 (enam) bulan dan dapat diperpanjang sesuai persetujuan. Pembayaran bertahap : DP 40% setelah penandatanganan kontrak, pembayaran berikutnya 40% dan 20% pada bulan ke-3 dan ke-5 pada awal bulan.

4.      Bila ada sparepart tertentu yang harus diganti akan dilakukan konfirmasi dan dibutuhkan persetujuan sebelumnya.

5.      Komputer, notebook dan printer yang dalam masa kontrak tidak dibenarkan dimodifikasi oleh pihak lain baik software dan hardware secara sepihak kecuali ada kondisi spesifik.

6.      Apabila terjadi kerusakan peripheral secara fatal misalnya peralatan komputer terbakar, terkena petir dan sejenisnya sehingga tidak dapat diperbaiki lagi (rusak total) maka customer dapat menggantinya dengan yang baru.

7.      Peripheral dalam masa kontrak dapat ditukar dengan komputer lain jika memenuhi kondisi tertentu.

2.5 Biaya Outsourcing


No
Description
Unit Price per Month
Remark
1
IT / Computer Engineer
2
Computer
Rp 75.000,-
All Brand (Local & Branded)
3
Notebook
Rp 200.000,-
All Brand
4
ADSL Router
Rp 100.000,-
Internet Connection Setting
5
Printer Laser Jet
Rp 75.000,-
All Brand
6
Printer Dot Matrix
Rp 50.000,-
Epson series
7
Printer Special Purpose
Rp 100.000,-
MFC, Scan jet, Plotter
8
Server (Web/Mail/etc)
Rp 500.000,-

9
Emergency call
Rp 150.000,-

10
Cabling & Peripheral LAN Checking

Included excep material
Catatan:
1.      Tidak termasuk biaya sparepart bila diganti.
2.      Deskjet printer gratis kecuali ganti sparepart.
3.      Kondisi diluar tabel diatas harus ada kesepakatan.
4.      Price is subject to change without prior notice.

2.6 FITUR & FASILITAS

·         Panggilan emergency atau mendadak 7x24jam seminggu.
·         Response Time realtime.
·         Tersedia backup unit.
·         Layan luar kota atau site office transport dan akomodasi ditanggung client.


III. IT Engineer Outsourcing

3.1     IT Engineer Qualification.

  1. DIII / S1 (University Graduated) Teknik Komputer / Informatika dengan minimal pengalaman 2 (dua) tahun dan dapat berbahasa Inggris aktif.

  1. Berkemampuan install dan setting Operating System : Windows 9x, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2003/2008, MS Office 97, MS Office 2000, MS Office 2003/2010, MS Office XP, MS Office 2007 baik English Version dan Japan versin (dianjurkan).

  1. Berkemampuan melakukan trouble shooting solution terhadap komputer, notebook, printer dan LAN baik software dan hardware

  1. Good attitude dan team oriented work.
3.2 Job Description IT Engineer adalah sebagai administrator computer, notebook, printer dan jaringan komputer seperti ilustrasi sbb :









Job Desk juga telah tertera pada butir 2.1 dan 2.2 serta 2.4.

3.2     Biaya Outsourcing Rp 2.500.000,-

3.3     Kelengkapan standard seperti tester cable, obeng, kabel hdd, kabel LAN, crimping tool, RJ45 dan komponen backup.

IV. Oncall, Onsite & Ontime Service
Biaya per kunjungan per unit dan perbaikan diluar sparepart Rp 150.000,-. Syarat dan kondisi telah ada pada butir 2.1 dan 2.2.
V. Penutup

Hal-hal lain yang belum tertulis didalam proposal ini akan  dibicarakan kemudian dan dituangkan dalam Memory of Understanding (MoU) atau Kontrak Kerja.

Jakarta, .....................
Hormat Saya


Erikson A
Business Relationship
081281305422

Komentar