PDF Reader

PDF Reader

Dokumen digital kian naik daun. Maklum, benda yang satu itu sangat mudah disimpan dan dibagi-pakai kepada orang lain baik lewat media konvensional macam USB flash disk atau lewat Internet. Tapi dokumen digital belum lengkap tanpa aplikasi pembacanya alias reader. Siapa saja mereka?
Nitro PDF Reader Beta
Adobe Acrobat Reader sepertinya paling banyak menjadi pilihan orang jika ingin membaca dokumen PDF. Padahal, banyak aplikasi alternatif untuk melakukan hal ini. Gratis pula. Salah satunya ialah Nitro PDF Reader.
Ketika proses instalasi selesai, pertama kali akan muncul laman situs pengembang Nitro, disertai alamat grup Facebook, YouTube, dan Twitter. Rupanya, mereka aktif mem-posting/tweet berita dan video terbaru sekaligus menerima umpan balik dari para pengguna.
Hal ini wajar, mengingat Nitro PDF masih berada dalam fase Beta. Walau begitu, feature yang dimiliki tidaklah kalah dengan aplikasi dokumen PDF lainnya, termasuk Adobe Acrobat.
Antarmuka aplikasi ini sangat mudah dipahami. Mengganti kursor untuk sekadar membaca atau menyorot teks, menyertakan anotasi (catatan) di bagian-bagian tertentu dokumen, memberi highlight warna, atau bahkan memasukkan teks baru merupakan sebagian kemampuan software ini.
Anda ingin mengisi formulir isian dalam bentuk PDF? Nitro PDF menyediakan fasilitasnya. Bahkan, aplikasi ini bisa mendeteksi formulir hasil pindaian (scan), bukan yang dari awalnya berformat PDF. Jika membutuhkan tanda tangan, langsung saja bubuhkan goresan tangan Anda memakai pena virtual yang tersedia.
Walau mengusung nama Nitro PDF Reader, aplikasi ini juga mempunyai fasilitas PDF creator. Anda dapat menjadikannya sebagai printer pada program pengolah dokumen, seperti Word dan Excel. Anda tinggal melakukan pencetakan dokumen DOC atau XLS ke format PDF. Sebagai pilihan lain, cukup bawa-dan-jatuhkan (drag-and-drop) berkas yang Anda ingin ubah ke atas ikon Nitro PDF di desktop.
***
Dari beberapa aplikasi dokumen PDF yang pernah kami coba, Nitro PDF Reader layak menyandang gelar sebagai salah satu yang terbaik. Kelengkapan fasilitas menjadi poin utama. Sarana komunikasi yang interaktif via jejaring sosial dengan pengembang menjadi nilai plus.
Spesifikasi Nitro PDF Reader Beta
Jenis
Freeware
Besar File Instalasi
22,6 MB
Situs
Sistem Operasi 
Windows XP, Vista, 7
Plus     : Gratis, feature lengkap sebagai aplikasi pembaca PDF, kinerja cepat, bisa berkomunikasi interaktif dengan pengembang
Minus   : Belum ada feature pengeditan berkas PDF dan konversi ke format dokumen lain (harus mengunduh aplikasi lain), belum mendukung Mac OS dan Linux

Komentar